Untuk melakukan pendaftaran. Anda bisa melakukan langkah - langkah berikut ini

  1. Buat Akun terlebih dahulu. Isi nama username, email, dan password serta menyetujui Komitmen Orangtua
  2. Untuk username masukan kombinasi angka. Misal abdullah32, abdurrahman93 dll.
  3. Pastikan untuk no telp/ wa dan email aktif, agar dapat menerima notifikasi informasi PSB.
  4. Setelah akun berhasil dibuat, Login ke portal pendaftaran
  5. Klik pada menu "Pembayaran" untuk melakukan pembayaran pendaftaran.
  6. Pada menu pembayaran Klik tombol simpan, Untuk mendapatkan kode pembayaran melalui QRIS di portal pendaftaran.
  7. Jika berhasil, akan muncul QR Code QRIS.
    Silakan scan QRIS tersebut menggunakan aplikasi pembayaran bank Anda.
  8. Konfirmasi pembayaran anda akan terverifikasi otomatis setelah sistem PSB menerima pembayaran.
  9. Jika ada kendala dalam proses pembuatan kode pembayaran/ proses pembayaran bisa menghubungi nomor whatsapp +628115000181 atau Klik disini
  10. Catatan Penting : Calon santri hanya bisa mengisi formulir pendafataran jika pembayaran sudah terverifikasi oleh Sistem PSB Intan Ilmu.
  11. Jika pembayaran sudah diverifikasi maka notifikasi akan dikirimkan melalui whatsapp/email yang didaftarkan saat melakukan pembuatan akun.
  12. Setelah pembayaran terverifikasi calon santri wajib mengisi seluruh data yang diperlukan oleh panitia PSB Intan Ilmu, seperti :
        a. Data Pribadi
        b. Dokumen-dokumen yang diperlukan:
    1. Pas foto dengan latar merah (Baju Koko Warna Putih Memakai Songkok)
    2. Kartu Keluarga
    3. Akta Kelahiran
    4. Surat Komitmen Orangtua Bermatrai (Template Surat Disediakan Pesantren)
  13. Untuk mencetak kartu ujian, akun calon santri harus diverifikasi terlebih dahulu oleh tim verifikasi PSB Intan Ilmu.
  14. Jika data lengkap dan benar maka akun calon santri akan diverifikasi dan notifikasi akan dikirimkan ke whatsapp/email pendaftar.
  15. Calon santri bisa mencetak kartu ujian, formulir pendaftaran dan kwitansi pembayaran jika diperlukan.
  16. Pendaftaran selesai

Dokumen yang harus diunggah ke portal pendaftaran adalah sebagai berikut :

  1. Pas foto ukuran 4 x 6 cm dengan latar merah. (Untuk Calon Santri Putra :Baju Koko Putih, Memakai Songkok) 
  2. Ukuran foto yang di unggah maksimal 4MB
  3. Mengunggah dokumen maksimal 6MB:
  • Ijazah SD (Bagi yang sudah ada)
  • Kartu Keluarga (Wajib)
  • Akta Kelahiran (Wajib)
  • Surat Komitmen Orangtua (Wajib)
  • Sertifikat Prestasi (Jika Ada)
  1. Setelah berhasil membuat akun pendaftaran, buka Menu Pembayaran.

  2. Klik tombol Simpan untuk membuat kode pembayaran.

  3. Jika berhasil, akan muncul QR Code QRIS.
    Silakan scan QRIS tersebut menggunakan aplikasi pembayaran bank Anda.

  4. Status pembayaran akan terverifikasi otomatis setelah sistem PSB menerima pembayaran Anda.

Apabila mengalami kendala dalam pembuatan kode pembayaran, silakan hubungi kami melalui WhatsApp di +62 811-5000-181 atau klik tautan  Klik disini

  1. Pendaftaran: 1 September 2025 s.d. 10 Oktober 2025
  2. Tes Masuk Tahap 1: 11 Oktober 2025
  3. Tes Tahap 2 (MCU): 13 Oktober 2025 s.d. 18 Oktober 2025
  4. Pengumuman Kelulusan: 21 Oktober 2025
  5. Agenda Daftar Ulang: 21 Oktober 2025 s.d. 28 Oktober 2025
  1. Teknis Pendaftaran Online 0813-5600-1737
  2. Informasi Pendidikan Pesantren 0811-5000-181
  3. Informasi Pendaftaran Santri Putra 0811-5000-181
  4. Informasi Pendaftaran Santri Putri

Sistem yang digunakan pada tes PSB ini adalah sistem ujian serentak.

Hal-hal yg berkaitan tentang tes PSB Pesantren Intan Ilmu Barito Kuala Kalimantan Selatan. 
===================

  1. Peserta diberi peluang mendaftar kembali apabila dia gugur dalam tes sebelumnya.
  2. Tes wajib dihadiri peserta dan orang tuanya pada tempat yang telah ditentukan oleh Panitia PSB Pesantren Intan Ilmu. 
  3. Wajib menghadiri tes sesuai jadwal yg telah ditentukan. Apabila tidak menghadirinya maka peserta dinyatakan gugur. 
  4. Wajib membawa kartu peserta tes PSB ketika tes dilaksanakan.
  5. Wajib Membawa 2 Surat Komitmen Orangtua Sudah Bertandatangan dan Bermatrai.
  6. Sehari sebelum ujian calon santri akan dikirimkan materi hapalan Al Qur'an untuk diujikan pada tes. 
  7. Adapun rangkaian tes yang akan dilalui para peserta ada dua tahapan:

Tahap pertama, membaca al qur'an, menghafal al qur'an, Tes Akademik dan wawancara calon santri serta wali santrinya
Apabila telah lulus tahap ini InsyaAllah akan diumumkan melalui website resmi Pesantren Intan Ilmu. 

Tahap kedua, tes MCU (medical check up) yg akan dilaksanakan di tempat masing-masing peserta. 
Setelah hasil tes MCU keluar, peserta wajib mengirim kepada Panitia PSB dalam berbentuk file pdf. 
Apabila telah dinyatakan lulus tahap ini InsyaAllah akan disampaikan melalui grup dan website resmi Pesantren Intan Ilmu. 

Dan pengumuman telah diterimanya santri atau santriwati di Pesantren Intan Ilmu akan diumumkan melalui medsos dan website resmi Pesantren Intan Ilmu. 

Kemudian para santri langsung disuruh daftar ulang setelah dinyatakan lulus sampai 1 bulan berikutnya setelah dinyatakan diterima.